Murah dan Mudahnya naik bus di Malaysia (Red Bus)

Ada banyak pilihan transportasi di Malaysia, mulai dari taksi, kereta, MRT, dll. Lalu kenapa memilih naik bus? Setelah mempelajari Google Maps serta membaca beberapa referensi mengenai tujuan wisata yang akan saya kunjungi akhirnya saya putuskan menggunakan bus untuk tujuan yang jauh dengan beberapa alasan. Pertama adalah harganya yang murah, bayangkan tiket bus eksekutif dari Melaka sampai Kuala Lumpur  yang memiliki jarak hampir sama dengan Jakarta – Bandung hanya RM12 (sekitar IDR 40.000,-) per orang. Alasan kedua dengan menggunakan bus, saya dan teman-teman saya dapat beristirahat dengan nyaman tanpa perlu memperhatikan argo taksi atau Uber serta tanpa perlu mengeluarkan biaya tol.

Awalnya saya tidak terpikirkan untuk membeli tiket bus secara online dikarenakan takut ada hal-hal diluar rencana. Namun setelah dipikir-pikir lebih baik membeli secara online untuk menghindari kehabisan tiket yang justru mempengaruhi rencana perjalanan. Saya teringat email dari Google mengenai aplikasi Red Bus, kemudian saya mengunduhnya di Google Play dan ternyata aplikasi tersebut juga bisa digunakan di negara Malaysia. Namun untuk menggunakannya di Malaysia kita terlebih dahulu harus mengubah pengaturan negaranya.

Ubah pengaturan negara menjadi Malaysia

Cara melakukan pembelian tiketnya sangat mudah, kita cukup memasukkan kota asal, kota tujuan serta tanggal keberangkatan. Setelah menekan tombol pencarian maka akan muncul daftar bus, jam keberangkat serta terminal keberangkatannya. Setelah memilih bus mana yang akan kita tumpangi, kita akan disuruh untuk memilih tempat duduk (untuk beberapa bus), mengisi nama dan umur serta nomor paspor.

Masukkan kota asal, kota tujuan dan tanggal keberangkatan

Setelah selesai mengisi data yang diperlukan selanjutnya kita bisa melakukan pembayaran. Beberapa menit setelah melakukan pembayaran, tiket bus pun segera kita dapatkan melalui email dan bisa kita print atau cukup tunjukkan saja tiket yang ada diaplikasi kita. O iya, biasanya pada pembelian pertama kita bisa mendapakat cashback yang bisa kita gunakan untuk pembelian berikutnya, selain itu apabila kita memesan tiket dengan rute bolak-balik juga akan mendapatkan diskon.

Beberapa penampakan bus dan kursinya (foto seadanya karena baterai hp sudah low):

Duduk nyaman dengan kursi model ottoman
Bus dengan 2 kursi di kanan dan 1 kursi di kiri.
One Comment